Minggu, 11 Juni 2017

MAKALAH DAFTAR ISI DAN DAFTAR PUSTAKA



Tugas Kelompok: 2
DAFTAR ISI DAN DAFTAR PUSTAKA
Diajukan untuk memnuhi salah satu syarat mata kuliah Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu:
Agus Susanti M.Pd,I
            Disusun :
Dahliana                      : 1611010437
Kori Agusman             : 1611010196 
Semester                      : 2 (Dua)
Kelas                           : I
Jurusan                        : Pendidikan Agama Islam



FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
 RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “DAFTAR ISI DAN DAFTAR PUSTAKA” . Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Aplikasi Komputer di jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan Lampung.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Demikian makalah ini kami susun, semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca.


Bandar Lampung, 15 Maret 2017



Penyusun




DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................  1
A.    Latar Belakang...........................................................................       1
B.     Rumusan Masalah......................................................................      1
    BAB II PEMBAHASAN......................................................................    2
    A. Pengertian Daftar isi....................................................................          2


    B.  Cara Membuat Daftar Isi............................................................          2
    C.  Pengertian Daftar Pustaka...........................................................         5
    D.  Cara Membuat Daftar Pustaka....................................................         6
BAB III PENUTUP..............................................................................        10
A.    Kesimpulan................................................................................       10
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................        11








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Daftar isi merupakan bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman perhalaman atau tiap bab. Peran daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena dengan daftar isi memudahkan untuk mencari topik utama atau materi apa yang akan dibahas dalam tiap halaman. Apabila makalah yang telah dibuat isinya sangat bagus dan berwawasan, namun ternyata didalamnya tidak tersedia daftar isi, itu adalah contoh makalah yang kurang baik, karena menyulitkan siapapun pembaca.
Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah makalah atau skripsi. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca akan mengetahui sumber dan referensi dari materi-materi yang dibahas. Dalam membuat daftar isi dan daftar pustaka, kita harus memperhatikan kaidah ataupun aturan yang berlaku agar daftar isi dan daftar pustaka tersebut terlihat profesional, rapih dan memudahkan pembaca.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian daftar isi?
2.      Bagaimana cara membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word?
3.      Apa pengertian daftar pustaka?
4.      Bagaimana cara membuat daftar pustaka menggunakan Microsoft Word?






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Daftar Isi
Daftar isi adalah halaman yang menjadi bagian dari seuah karya tulis baik berupa laporan, skripsi, maupun tesis dan karya tulis lainnya termasuk makalah ilmiah maupun makalah biasa yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalahdan halaman perhalaman atau tiap bab.
B.     Cara Membuat Daftar Isi
1.      Membuka aplikasi Microsoft Word pada laptop atau komputer anda. Setelah aplikasi terbuka, pastikan terdapat menu ruler. Jika komputer belum terdapat menu ruler, silahkan aktifkan menu ruler terlebih dahulu yakni dengan klik “view” lalu centang kotak yang disebelah menu ruler.


2.      Langkah berikutnya adalah memberi judul halaman yakni dengan mengetik “Daftar Isi”. Letakkan tulisan tersebut ditengah halaman. Setelah itu, ketik isi yang akan ditulis dalam daftar isi misalnya “Kata Pengantar”. Jika anda telah selesai mengetik, klik salah satu titik disepanjang area ruler yang berwarna putih hingga muncul garis L kecil dengan warna hitam. Lakukan hal ini dua kali.


3.      Setelah muncul tanda yang menyerupai bentuk huruf L, silahkan klik dua kali pada gambar tersebut sampai muncul tampilan berikut:

4.      Langakah ke empat,aturlah kotak tersebut dengan memilih pilihan “Right”di menu alignment. Pada bagian “Leader”, klik angka 2. Sementara untuk bagian “tab stop position” dan “default tab stop” dapat anda abaikan saja.jika semua pengaturan telah selesai dilakukan, silahkan klik “set” lalu klik pilihan “ok”.

5.      Pastikan langkah pengaturan ditahap 4 telah anda lakukan dengan benar. Jika langkah tersebut telah berjalan dengan benar, maka tanda yang mirip dengan huruf L akan berubah posisi yakni dua tanda menjadi saling memunggungi. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.


6.      Langkah ke-6, letakkan kursor pada tulisan “Kata Pengantar” yang telah anda ketik sebelumnya. Berikutnya, tekan tombol “Tab” pada keyboard laptop atau komputer anda. Setelah anda menekan tombol itu, tanda titik akan otomatis terketik sepanjang tanda L yang pertama. Berikut ini contoh gambarnya.


7.      Sekarang saatnya mengatur angka yang menunjukan halaman sebuah bab atau judul. Caranya, letakkan kursor dilayar komputer anda pada tanda titik yang terakhir. Kemudian tekan lagi tombol “Tab”  yang ada di keyboard sampai kursor akan berada dibawah tanda L yang kedua. Terakhir, anda hanya tinggal mengetik angka pada halaman berapa.


8.      Ketiklah isi dari makalah,  tugas akhir, skripsi, atau karya tulis ilmiah anda. Contohnya Bab 1, Latar Belakang Masalah, Bab 2, Pembahasan, dan Penutup. Setelah mengetik, anda tidak perlu  mengulangi langkah-langkah sebelumnya karena pengaturan tadi akan berlaku untuk semua isi makalah, jadi tidak hanya untuk “Kata Pengantar” saja.
C.    Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah makalah atau skripsi. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca akan mengetahui sumber dan referensi dari materi-materi yang dibahas. Daftar pustaka adalah salah satu unsur yang paling penting dan tidak boleh ditinggalkan dari setiap penulisan karya tulis ilmiah. Keberadaan daftar pustaka dalam karya tulis adalah bentuk pencegahan terhadap adanya penjiplakan atau plagiarisme. Selain itu, daftar pustaka juga berfungsi untuk memberitahu pembaca tentang sumber atau referensi dari tulisan tersebut.
      Dalam membuat daftar pustaka ada aturan yang harus dipenuhi diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Penulisan daftar pustaka disusun berdasarkan nama pengarang buku secara alfabet mulai dari A-Z dan ditulis nama belakang terlebih dahulu dilanjutkan dengan penulisan tahun dan diakhiri dengan titik.
2.      Tulislah judul buku yang diketik secara miring dan diakhiri titik.
3.      Tulislah tempat buku diterbitkan, tambahkan tanda baca titik dua kemudian dilanjutkan penerbit buku
Contoh:
Rozak, A. (2001). Ilmu Kalam Untuk UIN, STAIN, PTAIS. Bandung: Pustaka Setia.
D.    Cara Membuat Daftar Pustaka
1)      Langka pertama yang harus anda lakukan adalah klik menu “References” dan dilanjutkan dengan memilih “Manage Sources”. Contohnya adalah gambar berikut ini.



2)      Jika anda telah memilih menu “Manage Sources”, kini dalam layar komputer anda akan muncul kotak “Source Manager”. Berikutnya, klik “New” lalu pilihlah sumber apa yang anda pakai dalam tulisan anda. Misal, sumber tulisan anda adalah buku maka pilihlah “Book”.


3)      Langkah berikutnya adalah memilih Bahasa yang digunakan dalam penulisan daftar pustaka. Jika anda menggunakan bahasa Indonesia, maka pilihlah “Indonesian”. Jika menggunakan bahasa Inggris, pilihlah “English”.

4)      Sekarang saatnya anda mengisi kelengkapan sumber yang akan anda tulis didaftar pustaka. Untuk kolom Author, isi dengan nama pengarang atau penulis buku yang anda jadikan sumber. Jika buku tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang, maka anda tinggal klik “Add” untuk memasukan nama penulis lainnya, begitu seterusnya.


Untuk kolom “Title” isilah dengan judul buku,kolom “year” diisi dengan kota lokasi buku tersebut diterbitakan, sementara untuk kolom “publisher” diisi dengan nama penerbit yang menerbitkan buku tersebut.
5)      Setalah anda menyelesaikan proses pengisian data, silahkan klik menu “ok”. Secara otomatis data tersebut telah tersimpan.


6)      Setelah tahap ini selesai, anda dapat menambahkan sumber-sumber atau referensi lain yang anda gunakan untuk tulisan anda. Jumlah dan jenis referensi tersebut tidak dibatasi sehingga anda dapat menambahkannya sebanyak mungkin.  Jika semua sumber dan referensi telah anda masukan, silahkan klik “close” untuk menutup menu “Sorce Manager”.
7)      Langkah terakhir adalah cara menampilkan daftar pustaka yang telah anda buat tadi. Caranya adalah dengan klik menu “References” lalu klik “Bibliography” dan “Insert Bibliography”. Kini daftar pustaka yang berisi sumber dan referensi tulisan anda sudah dapat anda lihat.





BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Daftar isi adalah halaman yang menjadi bagian dari seuah karya tulis baik berupa laporan, skripsi, maupun tesis dan karya tulis lainnya termasuk makalah ilmiah maupun makalah biasa yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalahdan halaman perhalaman atau tiap bab.
            Keberadaan daftar pustaka dalam karya tulis adalah bentuk pencegahan terhadap adanya penjiplakan atau plagiarisme. Selain itu, daftar pustaka juga berfungsi untuk memberitahu pembaca tentang sumber atau referensi dari tulisan tersebut . Dalam membuat daftar isi dan daftar pustaka, kita harus memperhatikan kaidah ataupun aturan yang berlaku agar daftar isi dan daftar pustaka tersebut terlihat profesional, rapih dan memudahkan pembaca.







DAFTAR PUSTAKA
Angelo, M. (2015). Cara Membuat Daftar Pustaka. Yogyakarta: Tiga Serangkai.
Jaenudin, J. (2017, Maret 14). Cara Membuat Daftar Pustaka Pada Word. Diambil
kembali dari MahirOffice.com: http://www.mahiroffice.com/mambuat-daftar-pustaka-otomatis-pada-word
Sugeng, M. (2017, Maret 14). Cara Membuat Daftar Isi Otomatis. Diambil kembali dari Blogspot.com: http://tutorialsoftwaregratis.blogspot.com/2015/11/cara-membuat-daftar-isi-otomatis-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar