Senin, 12 Juni 2017

MAKALAH TABEL DAN EQUATION



MAKALAH
APLIKASI KOMPUTER
TABEL DAN EQUATION
Dosenpembimbing :AgussusantiM.Pd.I
DisusunOleh :
Riansimona       (Npm 16110101430)
Luthfihanifah     (Npm 1611010423)



FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
2016/2017




KATA PENGANTAR
Puji dan syuku kami panjatkan kehadirat Allah SWT Karena berkat dan rahmat, hidayah daninayah Nya akhirnya makalah ini dapat saya buat dan sayaberijudul “Tabel Dan Aquation. Dalam penyusunan makalah ini saya berusaha menyajikan materi dengan bahasa yang sederhana, singkat, dan mudah dicerna oleh para pembaca.
Saya sebagai penulis menyadari bahwa makalah yang saya susun jauh dari sempurna,masih terdapat kekurangan dan kekeliruan maka saya senantiasa menerima kritik dan sasaran yang sifatnya membangun, memperbaiki, serta melengkapi isi makalh ini. Harapan saya semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca serta memberikanwawasan yang lebih luas guna meningkatkan pengetahuan dalam bermasayarakat maupun dalam hidup berbangsa dan bernegara.



Bandar Lampung,   Desember 2016



Penyusun



DAFTAR ISI

COVER ........................................................................................................................  i
KATA PENGANTAR.................................................................................................   ii    
DAFTAR ISI................................................................................................................. iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang............................................................................................... 1
B.     RumusanMasalah.......................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN
A.       Pengertian Microsoft Word.......................................................................  2
B.        Cara MembuatTabel..................................................................................  3
C.        Cara membuataquation.............................................................................. 10

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................... 16

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.
Microsof Word merupakan program pengolahan kata yang terbaik dan populer karena kehandalan dan kelengkapannya serta kemudahan yang dimilikinya dengan menggunakan Microsoft Word, pembuatan dan pengeditan naskah/dokumen akan menjadi cepat dan mudah untuk dipelajari.

B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latarbelakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.        Apa kah menu dan ikon itu?
2.        Bagaimana kah fungsi dari menu dan ikon dalam Ms.Word
3.        Bagaimana kah mengatur format tampilan pada Ms. Word
4.        Bagaimana cara memanfaatkan fasilitas table dalam Microsoft Word?
5.        Bagaimana cara memanfaatkan fasilitas aquation dalam microsoft word?

 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN MICROSOFT WORD
            Microsoft word 2010 merupakan sebuah program pengolah kata (word processor) yang di produksi oleh Microsoft. Microsoft word 2010 bisa anda temukan dalam paket Microsoft office 2010 bersama beberapa program lainnya, seperti Microsoft Powerpoint 2010, Microsoft Excel 2010, Microsoft Access 2010, dan beberapa program lainnya. Microsoft word 2010 ini hadir sebagai penerus dari versi Microsoft word sebelumnya.Aplikasi ini tampil dengan sejumlah peningkatan kemampuan dan tampilan sehingga semakin memudahkan para penggunanya.Kemampuan ini pula yang menjadikan program ini sebagai program pengolah kata tercanggih di kelasnya.[1]
            Program Microsoft word 2010 ini memungkinkan bagi para penggunanya untuk mengolah kata dengan cepat, mudah dan dengan hasil yang mengagumkan. Dalam program ini, anda bias melengkapi sebuah dokumen dengan table, grafik, diagram, dam memoles tampilan dokumen dengan menggunakan beragam pilihan themes.


B.     CARA MEMBUAT TABEL
            Program MS Powerpoint 2010 juga menyediakan beberapa fasilitas untuk membuat table yakni fasilitas Insert Table, Draw Table, dan ExcelSpreadsheet. Penggunaan masing – masing fasilitas ini pun cukup mudah. Kita bisa  memilih salah satu fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama kita akan mencoba dengan Fasilitas Insert Table, fasilitas ini menyediakan dua pilihan cara untuk membuat Tabel.[2] Cara pertama memiliki langkah yang lebih pendek dan ringkas, sedangkan cara yang kedua membutuhkan langkah yang sedikit lebih banyak. Dan berikut ini adalah langkah – langkah penggunaan fasilitas Insert Table.[3]
1.      Pertama – tama masuklah ke dalam Tab Insert.
2.      Selanjutnya pilihlah perintah Table dan sorotlah kotak – kotak kecil yang muncul. Kotak – kotak kecil ini mewakili jumlah kolom dan baris pada table yang hendak kita buat.

Gambar : Menyorot kotak – kotak kecil untuk membuat tabel

3.      Lantas klik tombol kiri mouse kita pada kotak terakhir yang kita sorot yakni kotak di sudut kanan bawah.
4.      Setelah itu kita akan mendapati tampilan awal table yang telah muncul pada slide presentasi.


Gambar : Tampilan awal Tabel
5.      Sementara itu bila kita ingin menggunakan cara kedua, maka pilihlah kembali perintah Tabel dan klik opsi Insert Table.

Gambar : memilih opsi Insert Table
6.      Atau kita klik ikon Insert Table yang terdapat di tengah slide.

Gambar : Memilih ikon Insert Table di tengah slide
7.      Pada kotak dialok Insert Table yang muncul, masukkanlah jumlah kolom di kotak Number of columns dan jumlah baris di kotak Number of rows untuk table yang akan kita buat.

Gambar : Tampilan kotak dialok Insert Table
8.      Jika sudah pilihlah tombol OK sehingga muncul bentuk awal table di slide presentasi.
Cara membuat table berikutnya yaitu dengan menggunakan fasilitas Draw Table atau menggambar table bisa jadi merupakan fasilitas yang paling menyenangkan untuk membuat sebuah table. Berikut ini cara penggunaannya.
1.      Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik opsi Draw Table.


Gambar : Memilih opsi Draw Tabel
2.      Selanjutnya klik dan drag untuk membuat garis terluar table.

Gambar : Membuat garis terluar sebuah table
3.      Selanjutnya pilihlah perintah Draw Table yang muncul pada Tab Design Table Tools, perintah ini akan muncul bila sebuah tabel berada dalam keadaan aktif.

Gambar : Memilih perintah Draw Table
4.      Kemudian buatlah garis horizontal dengan cara klik dan drag dari sisi kiri ke sisi kanan.

Gambar : Tampilan sebuah garis yang di buat dengan cara klik dan drag
5.      Ulangi langkah ini sehingga terbentuk baris – baris pada bentuk awal table tersebut.
6.      Berikutnya buatlah garis vertical dengan cara klik dan drag dari sisi atas ke sisi bawah.
7.      Ulangi langkah ini sehingga terbentuklah kolom – kolom pada bentuk awal table tersebut.


Gambar : Tampilan table yang di buat dengan cara menggambar garis – garis
8.      Sementara itu bila terjadi kesalahan saat pembuatan garis – garis table, gunakanlah fasilitas Eraser Tool untuk menghapusnya. Caranya pilihlah Eraser Tool pada Design Table Tool.


Gambar : Memilih Eraser Tool
9.      Sesudah itu kita akan mendapati bentuk kursor Mouse telah berganti bentuk menjadi sebuah penghapus. Klik pada garis yang hendak di hapus untuk menghilangkan garis tersebut.
            Dan cara terakhir untuk membuat table yaitu dengan fasilitas Excel Spreadsheet, bila kita membutuhkan sebuah table yang memiliki kemampuan untuk menghitung nilai, maka sebaiknya tambahkanlah table Excel Spreadsheet. Dan berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuatnya.


1.      Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik opsi Excel Spreadsheet.

Gambar : Memilih opsi Excel Spreadsheet
2.      Setelah itu kita akan mendapati table Excel Spreadsheet yang berukuran kecil. Untuk membesarkan ukurannya, klik di sudut kanan bawah table dan drag kearah kanan bawah.
3.      Ketika sebuah tabel Excel Spreadsheet telah di tambahkan dan berada dalam keadaan aktif, maka kita akan mendapati Ribbon Excel muncul di jendela MS Powerpoint 2010 sehingga kita bisa menggunakannya untuk mengolah data tabel Excel Spreadsheet.

Gambar : Menarik sudut kanan bawah table Excel Spreadsheet
4.      Apa bila kita melakukan klik di luar table Excel Spreadsheet, maka table tersebut akan berada dalam keadaan nonaktif. Untuk meng aktifkan kembali, klik ganda di dalam area table.

Gambar : Tampilan Ribbon program MS Excel 2010 yang muncul di jendela MS Powerpoint 2010
C.    CARA PEMBUA AQUATION
Equation Editor digunakan untuk menuliskan fungsi-fungsi matematika, seperti logaritma, eksponen, integral, dan sebagainya.
Petunjuk Penggunaan Equation Editor
Untuk membuka Equation Editor ikutilah langkah-langkah sebagai berikut :
1.Klik Start, pilih Microsoft Words 2007.


2.  Kemudian klik Insert.
3.  Klik Equation di sebelah kanan atas.

4.  Maka akan tampil tombol perintah pada tab design.

a)      Equation; untuk memilih rumus yang sudah ada
  

b)      Professional; untuk mengubah bentuk rumus ke format professional  
c)      Linear; untuk mengubah bentuk rumus ke format linear

d)     Normal Text; untuk membuat tampilan text dengan huruf normal.
Pada Symbol area terdapat simbol-simbol untuk membuat suatu fungsi matematika.Simbol ini dapat kita ubah dengan mengklik tanda panah pada Symbol. Muncullah menu seperti pada gambar : 


e)      Basic Math; untuk menampilkan simbol yang umum digunakan

f)       Greek Letters; untuk menampilkan simbol Yunani.

g)      Letter Like-Symbols; untuk menampilkan simbol huruf matematika.

h)      Operators; untuk menampilkan berbagai simbol operasi matematika.   

i)         Arrows; untuk menampilkan berbagai simbol tanda panah dalam operasi matematika.

j)        Negated Relations; untuk menampilkan simbol relasi negatif.
 
k)      Scripts; untuk menampilkan berbagai simbol huruf.

l)        Geometry; untuk menampilkan simbol geometri. 


Pada Stuctures area terdapat berbagai macam simbol matematika. Kita dapat memilih salah satu bentuk simbol dan merangkainya dengan yang lain sehingga menjadi sebuah rumus. 


Untuk menuliskan suatu bentuk rumus, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
a)      Cara manual; dengan memasukkan satu-persatu simbol rumus yang akan kita buat.
Contoh :
                                i.            Kita akan membuat rumus abc.
                              ii.            Klik Equation, maka akan tampil kotak seperti berikut :


                            iii.            Kemudian, kita mengisi kotak tersebut dengan rumus yang akan kita buat.
                            iv.            Setelah itu klik Symbolsarea dan pilih tanda sama dengan ( = ).
                              v.            KlikFraction pada Stucturesarea dan pilih Fraction pertama.
                            vi.            Untuk menyisipkan simbol, klik bagian atas dan bawah fraksi.
1.      x = -b
2.      2a
                          vii.            Untuk menyisipkan simbol operator matematika, klik salah satu grup Symbol.
1.      x = -b ±
a.       2a       
                        viii.            Untuk menyisipkan simbol akar, klik tombol Radical dan pilih salah satu simbol. Kemudian, ketik “b”.                                  
                            ix.            Penulisan rumus selanjutnya dapat menggunakan cara yang sama seperti di atas. 

2. Cara langsung atau otomatis.
a.     Klik menu Equation pada tab Design sehingga muncul jendela seperti pada gambar.
b.  Klik salah satu bentuk rumus yang ada. Jika ingin mengubah nilai-nilai dalam rumus, klik nilai yang ingin diubah, hapus, dan ketik nilai yang diinginkan.

Untuk mengatur letak rumus, dapat dilakukan dengan cara klik tombol panah jendela rumus untuk membuka daftar menu pilihan seperti pada gambar :
Save As New Equation untuk menyimpan rumus dan rumus tersebut akan selalu tampil setiap anda mengklik tombol equation.
Professional dan Linear untuk mengubah tampilan rumus dari format professional ke linear atau sebaliknya.
Change to inline untuk meletakkan rumus dalam baris paragraf. Sebaliknya, Change to display untuk mengembalikan rumus ke format awal.
Justification untuk mengatur jenis perataan penulisan rumus[4]





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa:
1.      Menu adalah pilihan yang terdapat didalam suatu layanan yang memuat data program computer yang dapat kita pilih sesuai dengan pilihan yang kita butuhkan.
2.      Ikon ialah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer.



DAFTAR PUSTAKA

Laksamana,Tonny Wangdra,Adji Djojo 2010, panduan cepat kuasai Microsoft office 2010,
Baduose Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar