Senin, 12 Juni 2017

MAKALAH SIMBOL FRAME DAN GAMBAR



Kelompok 6
SIMBOL FRAME DAN GAMBAR
Makalahinidigunakanuntukmemenuhitugasmatakuliah
Aplikasi Komputer
Oleh :
Khoimah                     1611010413
Aprilia Nurul Huda     1611010432
Diki Priambudi            1611010410
Semester/Kelas :2/I
Dosenpengampu:Agus Susanti, M.Pd.I





PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
T.P. 2017/2018


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “SIMBOL, FRAME DAN GAMBAR” . Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Aplikasi Komputer di jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan Lampung.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Demikian makalah ini kami susun, semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca.


Bandar Lampung, 15 Maret 2017



Penyusun

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR................................................................................      i
DAFTAR ISI................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang....................................................................................            1
B.     Rumusan Masalah...............................................................................            2
Bab II PEMBAHASAN
A.    Symbol, Frame, dan Gambar..............................................................             3
BAB III PENUTUP
Kesimpulan....................................................................................................  12
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................    13



BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang Masalah
Microsoft word atau mikrosof office word adalah perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk xenik, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai informasi, misalnya DOS (1983), Apple, Macintosh (1984), SCOI UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word. Untuk memberikan perintah seperti membuka dokumen atau mencetak dokumen, microsoft word menggunakan menu pada menu bar dan ikon.
B.         Rumusan Masalah
Menjelaskan symbol, frame, dan gambar?



BAB II
PEMBAHASAN
A.        Pengertian Menu dan Ikon
Menu adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol teks pada Microsoft Word. Menu di dalam Word terdiri atas sub menu file, edit, view, insert, format, tools, table, window dan help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat banyak perintah yang sudah terkategori menurut menu diatasnya. atau icon adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol gambar yang mewakili operasi tertentu. Ikon merupakan simbol yang mudah dikenal oleh pengguna, dan tidak jarang gambarnya disesuaikan dengan karakter perintahnya, misalnya menyimpan file disimbolkan dengan bentuk disket.word lebih banyak menekankan kemudahan pengguna dengan memberikan bentuk ikon yang mudah diatur (customize sesuai dengan kebutuhan pengguna agar layar tidak dipenuhi dengan ikon-ikon yang tidak dipakai.
Ada beberapa menu ikon pada Microsoft Word namun yang sering di gunakan ada 3, yakni :
1.      Kelompok ikon standard digunakan untuk membuat file baru, menyimpan file dan mengaktifkan fungsi-fungsi terkait dengan pengolahan file pada dokumen word.
2.      Kelompok ikon formating digunakan untuk mengatur paragraf pada dokumen word.
3.      Kelompok ikon drawing digunakan untuk menambahkan dan mengedit gambar pada dokumen word.



B.         SYMBOL
Menggunakan Menu Symbol

1.      Tempatkan kursor. Pastikan kursor Anda berkedip di lokasi simbol tersebut akan dimasukkan. Klik tab Insert di deret menu (taskbar).


2.      Cari menu Symbol. Klik tombol Symbol, daftar simbol-simbol yang terakhir kali digunakan akan muncul. Saat Anda memilih salah satu simbol dari menu tersebut, simbol ini akan muncul di belakang lokasi kursor Anda di MS Word.
Menggunakan Jendela Symbol

 

1.      Jika Anda menggunakan versi MS Word lama atau tidak menemukan simbol yang Anda cari, klik More Symbols untuk membuka jendela Symbol.


2.      Jendela Symbol akan terbuka dari dua tab menu yang ada. Tab kedua adalahSpecial Characters


3.      Pilih simbol yang diinginkan dari pilihan yang ada di Special Characters.

4.    Klik tombol Insert. Tombol ini terdapat di bagian bawah jendela Symbol, simbol yang tadi dipilih akan dimasukkan ke dokumen Anda di lokasi kursor.
Menggunakan Kode Bawaan (Built-in)



1.      Masukkan simbol secara manual. Anda juga dapat memasukkan simbol secara manual dengan mengetikkan kode simbol, kemudian menekan Alt + X
Untuk memasukkan simbol hak cipta, pertama ketikkan kode simbol hak cipta,0169.
Tekan kombinasi tombol Alt + X

Kode tadi akan digantikan dengan simbol.


Menggunakan Tombol Pintasan





1.      Beberapa simbol yang sering digunakan memiliki pintasan alternatif. Contohnya, pintasan simbol hak cipta adalah Alt + Ctrl + C.
Gunakan tab Special Characters untuk mencari simbol-simbol yang sering digunakan, misalnya hak cipta, merek dagang, elipsis, tanda petik tunggal, dll., beserta tombol pintasannya.


2.      Setelah Anda memasukkan simbol seperti hak cipta atau merek dagang, blok simbol tersebut dan kemudian klik Format di deret menu, klik Font, lalu pilih tab Font dan beri tanda centang pada kotak di samping Superscript. Dengan memilih Superscript, simbol hak cipta akan dinaikkan sedikit di atas garis teks. Tanpa Superscript, simbol hak cipta akan muncul langsung di garis teks seperti karakter lainnya.
3.      Jika Anda menggunakan simbol merek terdaftar dan ingin membuatnya berada sedikit di bawah garis teks, blok simbol tersebut klik Format di deret menu, klik Font, lalu pilih tabFont dan beri tanda centang pada kotak di sebelah kiri Subscript. Simbol merek terdaftar akan diturunkan sedikit di bawah garis teks.
4.      Jika Anda tidak bisa menemukan simbol yang Anda cari di daftar tersebut, cobalah memilih karakter huruf (font) WingDing. Anda akan menjumpai berbagai karakter yang dapat dipilih.
C.        FRAME
Buka lembar kerja Ms Word


1.      Buka ribbon Page Layout, group menu Page Background, klik Page Border.
2.      Muncul jendela Borders and shading pada Tab Page Border.

3.      Untuk membuat border dalam bentuk garis, pilih salah satu di pilihan style kemudian atur warna pada color dan tebal garis pada width.  
4.      Untuk memberi bingkai atau border antik, pilih di art 
5.      Pilih pilihan di Apply to :  
6.      Whole document : memberi border pada semua halaman document
7.      This section - First page only : halaman pertama saja yang diberi bingkai atau border
8.      This section – All except first page : Seluruh halaman diberi bingkai kecuali halaman pertama.

\
9.      Untuk mengatur jarak bingkai dari margin, klik options
10.  Pada jendela yang muncul, isi ukuran margin Top, bottom, left, right, dan juga pilih salah satudari pilihan measure from text atau edge from page



11.  Klik OK, OK lagi 
Sekarang bingkai atau border telah berada pada halaman yang anda inginkan, dan tentunya akan menjadi lebih indah dan artistik.


D.        GAMBAR
Memasukan gambar pada Ms Word
a.       Klik Insert pilih Picture – akan muncul pilihan gambar yang akan di masukan – pilih gambar-lalu klik insert.




b.      Jika akan mengedit format gambar akan muncul picture tools-picture styles-pilih salah satu format hinggal akan berubah bentuk tampilan gambar seperti  gambar di bawah ini.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Berdasarkan dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa symbol, frame dan gambar dapat digunakan dalam pembuatan makalah seperti menyisipkan gambar, symbol dapat memperjelas sebuah judul dan frame dapat digunakan untuk memperantik sebuah bingkai seperti piagam.



DAFTAR PUSTAKA











Tidak ada komentar:

Posting Komentar