Senin, 12 Juni 2017

MAKALAH PENGELOLAAN WORK SHEET DAN TABLE MICROSOFT EXCEL



Tugas Kelompok: 9
PENGELOLAAN WORK SHEET DAN TABLE MICROSOFT EXCEL 
Diajukan untuk memnuhi salah satu syarat mata kuliah Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu:
Agus Susanti M.Pd,I
            Disusun :
Ridho Gusti Putra       : 1611010408
Nurma Afrilia              : 1611010405 
Zumrotus Sholihah      : 1611010420
Semester                      : 2 (Dua)
Kelas                           : I
Jurusan                        : Pendidikan Agama Islam

                                                                  


FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
 RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “PENGELOLAAN WORK SHEET DAN TABLE MICROSOFT EXCEL . Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Aplikasi Komputer di jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan Lampung.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Demikian makalah ini kami susun, semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca.


Bandar Lampung, 15 Maret 2017



Penyusun




DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN...............................................................1
A.    Latar Belakang..........................................................................1
B.     Rumusan Masalah.................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN..................................................................... 2
A.    Pengenalan MicroSoft Excel.................................................................. 5
B.     Cara Membuat Daftar Isi...................................................................... 6
C.     Pengelolaan Tabel................................................................................. 8
BAB III PENUTUP............................................................................. 10
A.    Kesimpulan.............................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................... 11



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
     Denganpesatnyakemajuanteknologipadasaatini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar.Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel.DalamMicrosot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

B. Rumusan Masalah
1. Pengenalan Microsoft Excel ?
2. Bagaimana Pengelolaan Work Sheet dalam Microsoft Excel ?
3. Bagaimana Pengelolaan Table dalam Microsoft Excel ?



BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengenalan MicroSoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembarkerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fiturkalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salahsatu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjakversi 5.0 diterbitkanpadatahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2016 yang diintegrasikan di dalampaket Microsoft Office System 2016. Dengan perkembangan fitur fitur terbaru yang begitu banyak dan lebih memudahkan kerja dan membuat aplikasi ini semakin baik dalam pengelolaannya.
GAMBAR 2
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administrative mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalah ansederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot table atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

                                    Contoh Lembar Kerja Microsoft Excel

B. Pengelolaan Work Sheet
       Secara teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.
Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.


B.1. Beberapa menu untuk mengelola Worksheet
Ketika kita mengarahkan pointer dengan menggunakan mouse ke penunjuk nama Worksheet tertentu, kemudian kita klik kanan, maka akan muncul beberapa menu seperti tampak pada gambar berikut. Manfaat masing-masing menu tersebut adalah:

1.      Insert  :untukmenyisipkanWorkSheetbaru.
2.      Delete : untukmenghapusWorkSheet yang dipilih.
3.      Rename : untukmemberinama/ menggantinamaWorkSheet yang dipilih
4.      Move or Copy :untukmenyalindanmemindahWorkSheetpada file yang sama,   file   berbeda yang sedangaktif, atau file baru.
5.      Select All Sheets :memilihsemuaWorkSheet.
6.      Tab Color :untukmemberiwarnapada Sheet yang dipilih.

           
Untuk mengubah posisi suatu Worksheet diantara Worksheet yang lain dapat dilakukan sebagai berikut. Klik kiri pada Worksheet yang ingin Anda ubah posisinya dan jangan dilepas, kemudian Anda drag (geser) pada posisi yang Anda inginkan.
B.2. Cara Menambahkan Worksheet
Cara 1 :
a.       Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2  :
a.       Tekantombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
  1. Klik kanan pada salah satu tab worksheet
  2. Pilih Insert
  3. Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
  4. Klik OK
B.3. Cara Mengganti Nama Worksheet
Cara 1:
a.       Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
b.      Pilih Rename.
c.       Ketikkan nama baru.
Cara 2:
a.       Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
b.      Ketikkan nama baru

B.4. Cara Menghapus Worksheet
a.       Klikkanan tab worksheet yang akandihapus
b.      Pilih Delete

B.5. Cara Menggeser Tab Sheet
Cara 1:
a.       Jikaletak sheet tidakurut,kamudapatmenggeserletak tab sheet nyadenganmendrag – drop tab sheet keposisinya.
C. Pengelolaan Tabel
Cara membuat tabel di Microsoft Excel 2007 sebenarnya hampir sama dengan di Microsoft Excel versi 2003 dan 2010. Untuk versi di atasnya saya belum pernah mencoba jadi tidak berani bilang sama. Tapi saya rasa tidak akan jauh berbeda, biasanya hanya posisi menu saja yang tidak sama

C.1. Membuat Tabel di Lembar Kosong
Apabila dokumen Excel Anda masih kosong, belum ada satupun data di dalamnya. Maka ikuti panduan yang ini.
  1. Buat dokumen Microsoft Excel baru kemudian klik menu Insert – Table.
  2. Biarkan saja jendela perintah yang muncul, jangan di klik. Tandai baris dokumen dengan cara mengklik dan tahan lalu tarik di sepanjang baris dan kolom sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Baru kemudian klik tombol OK di jendela perintah
  3. Selesai, tabel Anda sudah jadi. Sekarang tinggal memasukkan angka-angkanya.
C.2. Membuat Tabel di Dokumen Jadi dengan Border
Cara membuat tabel di Microsoft Excel yang sudah jadi sedikit berbeda dengan membuat tabel di dokumen kosong, walaupun bisa saja memakai cara di atas tapi akan lebih sulit. Menurut hemat saya akan lebih mudah bila kita menggunakan border saja untuk menggantikan tabel.
  1. Buka dokumen Microsoft Excel Anda, anggap saja datanya seperti ini. Blok atau tandai semua baris dan kolom yang terdapat data di dalamnya
  2. Kemudian klik tanda ikon menu Border kemudian pilih All Borders atau Outside Borders.All Borders untuk memberi garis border di semua tabel sementara Outside Borders hanya garis luar data yang Anda tandai
  3. Hasil akhirnya seperti ini. Anda bisa juga memilih jenis garis menggunakan langkah di atas, pilih opsi Line Style atau merubah warna garis dengan opsi Line Color.
 

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki berbagai fitur sehingga mempermudah penguna dalam melakukan berbagai macam pekerjaan.
B.  Saran
Makalah Microsoft Excel tentang pengelolaan worksheet dan table ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,penulis menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. penulis berharap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar